Saturday, April 6, 2013

Apa sih Kota Palu itu?




Palu adalah sebuah kota sekaligus merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Palu terletak sekitar 1.650 km di sebelah timur laut Jakarta. Penduduknya berjumlah 342.754 jiwa (2012).


Nama kota palu berasal dari kata Topalu'e, yang berarti Tanah yang terangkat. Dikatakan sebagai tanah yang terangkat karena daerah Palu merupakan daerah dataran tinggi.

Luas Wilayah Kota Palu adalah 395,06 km²  terletak pada 0º, 36” - 0º, 56” Lintang Selatan dan 119º, 45” - 121º, 1” bujur timur dan berada tepat dibawah lintang garis khatulistiwa. Memiliki 4 Kecamatan dengan 43 Kelurahan.

Kecamatan tersebut terbagi atas kecamatan Palu Utara, Kecamatan palu Timur, Kecamatan Palu Barat dan Kecamatan Palu Selatan. Kota Palu memiliki landscape khas yang unik. Dibelah oleh aliran sungai yang mengalir dari selatan. Sisi Barat dan Timur Kota Palu adalah pegunungan indah yang ceruk lonjongnya kearah utara membentuk garis pesisir teluk yang menawan. Dimensi gunung, sungai, laut dan pesisir teluk itu memberi ciri khas tersendiri bagi Kota Palu atau disebut juga sebagai kota empat dimensi. 

Kota Palu memiliki beberapa tempat yang dapat memperlihatkan keindahan dari teluk palu.  Tempat-tempat itu adalah: 

  • Jembatan IV

Jembatan tersebut merupakan kebanggaan warga Kota Palu karena merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah Jepang dan Prancis. Keberadaan jembatan itu sekaligus menambah indahnya pemandangan Teluk Palu pada malam hari. Keindahan jembatan pada waktu malam juga dapat dinikmati dari pesawat yang melintas di atas Teluk Palu. Dari atas pesawat, penumpang dapat melihat dengan jelas gambaran teluk yang ditandai dengan cahaya lampu.

  • Anjungan Talise/Taman Talise
                              
Ajungan Talise ini merupakan salah satu fasilitas dari pemerintah yang masih berada dalam tahap pembangunan. Anjungan Talise ini terletak di sepanjang jalan Raja Moili Palu atau di sekitar pantai Talise. Meskipun masih berada dalam tahap pembangunan, tapi Anjungan Talise ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat, bahkan sudah banyak acara-acara besar yang diselenggarakan disana. Dari Anjungan Talise ini, kita dapat melihat pemandangan laut dari teluk palu dan juga dapat melihat matahari terbenam, selain itu kita juga bisa menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga di Anjungan Talise ini. Setiap hari Minggu pagi, banyak masyarakat yang datang dan berkumpul di anjungan talise ini untuk melakukan senam pagi bersama dan tentunya senam pagi bersama ini tidak dipungut biaya sedikit pun. Setelah melakukan senam pagi, biasanya masyarakat melanjutkannya dengan sarapan pagi, karena di Anjungan Talise tersedia banyak makanan yang dijual dan makanan tersebut cocok dikonsumsi pada pagi hari, seperti bubur ayam, dsb. Pada sore hari, tersedia berbagai macam fasilitas bermain untuk anak-anak. Jadi, di Anjungan Talise ini banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga.

  • Masjid Apung 
Masjid Apung ini merupakan salah satu rumah ibadah yang baru di Palu. Masjid yang baru saja selesai dibangun tahun lalu ini terletak di sekitar jembatan IV dan pantai Taman Ria. Masjid Apung ini akan memberikan kesan tersendiri ketika melaksanakan ibadah sholat, karena bangunannya yang dibangun diatas laut. Pada malam hari, kubah Masjid Apung ini diterangi lampu yang berwarna-warni sehingga warna kubah masjid itu akan berganti-ganti dan tentunya akan membuat penampilan Teluk Palu menjadi lebih berwarna.




No comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates